SMP Negeri 1 Leksono merupakan salah satu sekolah potensial yang cukup strategis, terletak di Kelurahan Leksono, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo. Jarak tempuh dari pusat kota Wonosobo kira-kira 10 km. Sekolah ini didirikan pada tahun 1981 di atas tanah seluas 12620 m2 dan diresmikan pada tanggal 18 Maret 1982 oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, DR. Daoed Joesoef.

Saat ini, SMP Negeri 1 Leksono memiliki 20 kelas dengan jumlah peserta didik 609orang serta guru sejumlah 35 orang ditambah tenaga administrasi sekolah 11 orang. SMP Negeri 1 Leksono telah terakreditasi pada tahun 2019 dengan nilai A. Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini adalah kurikulum 2013. SMP Negeri 1 Leksono telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer secara mandiri.

Perolehan kejuaraan di beberapa jenis bidang dari tahun ke tahun dapat dikatakan cukup baik.  Pada tahun 2018/2019 misalnya, bidang kejuaraan akademik sekolah meraih juara harapan 1 untuk berbagai lomba LCC Kebangsaan dan menempati peringkat 4 OSN Matematika tingkat kabupaten. Di bidang kejuaraan non akademik, beberapa peserta didik berhasil meraih juara pencak silat tingkat kabupaten, tingkat karesidenan bahkan provinsi. Pada tahun 2019, salah satu peserta didik lolos seleksi sebagai tim sepakbola tingkat provinsi dan berhasil meraih juara 3 tingkat nasional. Pada perlombaan atletik, beberapa peserta didik meraih juara 3 pada nomor cabang lompat tinggi dan juara pada nomor cabang tolak peluru. Hal ini menunjukkan potensi peserta didik di bidang non akademik cukup besar dan semangat mengikuti lomba non akademis cukup tinggi. Prestasi yang tidak hanya diraih oleh peserta didik saja, namun juga oleh Kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang ada di SMP Negeri 1 Leksono. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan kepala sekolah dan guru dalam menjuarai berbagai bidang perlombaan, seperti lomba Best Practice dan lomba Pembuatan Video Pembelajaran Inovatif tingkat kabupaten tahun 2021.

Perkembangan sekolah yang cukup baik dari waktu ke waktu sejak didirikan hingga sekarang didukung oleh keseriusan pemerintah pusat dalam mengembangkan pendidikan untuk mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang kuat dan handal sehingga dapat bersaing dalam persaingan lokal maupun global sangat tinggi. Hal ini tercermin dari langkah pemerintah yang selalu berusaha mengadakan evaluasi dan perbaikan sistem pengelolaan pendidikan. Pada tahun pelajaran 2019/2020 diterapkan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).  Dengan adanya seleksi PPDB melalui sistem zonasi, semakin banyak peserta didik SD di sekitar Kecamatan Leksono yang mantap untuk mendaftar di SMP Negeri 1 Leksono.